demo

Tujuan Personal Branding

Tujuan Personal Branding - Branding adalah salah satu hal penting yang harus dibangun oleh sebuah bisnis di era globalisasi. Hilangnya batasan membuat persaingan usaha juga semakin ketat. Lihat saja, perusahaan atau bisnis yang berasal dari luar negeri dapat berdiri di Indonesia. 
Bahkan tidak hanya satu dua saja jumlahnya tetapi banyak. Karena sebagai pelaku usaha Anda juga harus memiliki serta membangun brand dari usaha bisnis

Anda. Brand yang kuat nantinya akan mudah di kenal oleh konsumennya sehingga banyak pesaing pun tidak akan berpengaruh ke brand Anda. 
Untuk itulah, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat personal branding melalui pembuatan biodata online di MyB.co.id maupun di Linkedin. Ini sebagai langkah awal agar anda bisa dikenal oleh orang lain khususnya pencari karyawan seperti anda. Tulis semua tentang anda mulai dari keahlian yang dimiliki, pengalaman kerja dan juga riwayat pendidikan. Nah, tujuan personal branding ini salah satunya untuk membuat anda dikenal oleh calon relasi kerja yang anda inginkan.

A.    Pengertian Branding

Semakin lama definisi branding semakin berkembang sampai saat ini branding didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Bagi perusahaan branding, yang namanya branding bukan cuma merek ataupun produk Anda dikenal. Tetapi juga sebagai image perusahan secara keseluruhan atau bagaimana masyarakat memandang bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan terbaik. 

B.    Unsur-Unsur Branding

1.    Nama merek
2.    Logo, meliputi tipe logo, monogram, bendera, dan seterusnya.
3.    Tampilan visual, seperti desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain.
4.    Juru bicara, seperti co-founder, maskot, tokoh perusahaan
5.    Suara, seperti ikon bunyi, nada, lagu
6.    Kata-kata, meliputi slogan, tagline, jingle, dan lain-lain.

A.    Jenis-Jenis Branding

a.    Product branding
Adalah jenis branding yang paling umum. Hal ini karena produk atau merek yang berhasil adalah produk yang mampu mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk kompetitor.
b.    Personal branding
Merupakan alat pemasaran yang paling populer di kalangan public figure seperti artis, musisi, politisi, dan lainnya sehingga mereka memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat. Contohnya dengan membuat profil online di MyB.co.id. 
c.    Corporate branding
Semua aspek perusahaan mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan dimata masyarakat. Corporate branding ini sangat penting untuk mengembangkan reputasi perusahaan dipasar.
d.    Destination branding
Memiliki tujuan untuk mengenalkan produk atau jasa ketika suatu nama lokasi disebutkan seseorang. Seperti saat seseorang menyebut nama kota misalnya yogyakarta maka orang dapat langsung mengingat gudeg atau bakpia.
e.    Cultural branding
Mengembangkan reputasi tentang lingkungan dan orang-orang dari lokasi atau kebangsaan tertentu.

B.    Fungsi dan Tujuan Branding

1.    Sebagai pembeda, di mana perusahaan yang memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan kompetitor.
2.    Promosi dan daya tarik, jika Anda memiliki brand yang kuat maka promosi akan lebih mudah dilakukan. Pelanggan cenderung akan memilih brand yang kuat dan loyal terhadap brand yang sama.
3.    Membangun citra, keyakinan, jaminan kualitas dan prestise ,beberapa hal ini akan membuat bisnis Anda menjadi mudah diingat.
4.    Pengendali pasar: brand yang kuat dapat mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenalnya.
Tujuan personal branding diatas tentunya agar menciptakan pendapat masyarakat, menguatkan rasa percaya mereka terhadap brand anda. Sekaligus membangun rasa cinta mereka terhadap brand anda. Tujuan branding ini merupakan  hal yang sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda. Branding yang kuat akan membuat pelanggan lebih percaya dengan produk Anda dan juga lebih loyal terhadap perusahaan Anda.

C.    Manfaat Branding

Berikut ini adalah beberapa manfaat ataupun tujuan personal branding untuk perusahaan Anda. 

1.    Kredibilitas Anda Meningkat

Jika Anda mampu melakukan apa yang Anda katakan, sesuatu yang sudah Anda pasarkan yang berkaitan dengan skill Anda, maka secara perlahan-lahan kredibilitas Anda meningkat. Saat Anda mampu menjaga janji kepada audiens sesuai dengan personal brand , orang-orang akan lebih mudah mempercayai apa yang Anda katakan. 

2.    Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tujuan personal branding selanjutnya adalah meningkatkan kepercayaan diri. Membangun personal branding akan membuat Anda berpikir positif sebab terus berfokus pada area di mana Anda memiliki keunggulan. Rasa percaya diri muncul karena secara bertahap Anda telah mengembangkan apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan personal branding Anda. Contoh hal yang bisa meningkatkan kepercayaan diri dihadapan para klien adalah dengan membuat profil di MyB.co.id.

3.    Anda Bernilai Lebih Tinggi

Jika personal branding Anda sudah bersinar, nilai jual Anda pun ikut meroket. Artinya Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih tinggi karena Anda menjadi profesional. Atau jika Anda menawarkan jasa atau keahlian secara individu, Anda bisa menaikkan harga yang sesuai dengan brand yang sudah terbangun.

4.    Membedakan Anda dengan Kompetitor

Hanya mereka yang berwarna merah yang akan dipilih di lautan orang-orang berwarna hitam. Personal branding merupakan pembeda antara Anda dengan pesaing yang menawarkan hal yang sama. Semakin berbeda Anda dengan pesaing dalam artian positif, maka semakin mudah Anda memenangkan persaingan dipasar. Anda pun bisa mencoba membuat profil pribadi di MyB.co.id agar bisa memenangkan setiap project yang ada.

5.    Memperluas Jaringan

Orang-Orang merasa lebih tertarik berhubungan dengan orang yang kompenten di bidangnya. Personal branding Anda merupakan jembatan yang menghubungkan Anda dengan profesional lainnya. Semakin luas jaringan Anda, maka semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan kesempatan emas dalam project-project yang sesuai dengan skill yang Anda tonjolkan. Salah satu caranya dengan membuat profil di MyB.co.id. Dengan begitu, pastinya jaringan yang anda miliki akan semakin luas. Karena profil anda akan di optimasi yang bisa dicari di Google di halaman pertama.

6.    Berat Mata Pada Orang Lain

Secara alamiah semua orang menghormati mereka yang punya pengetahuan, skill, pengalaman, dan passion sesuai bidang masing-masing. Itu membuat Anda disegani kawan maupun lawan. Ucapan Anda didengarkan, orang-orang meminta nasihat dari Anda, dan tindakan atau aksi Anda akan menjadi teladan.
Selama tetap rendah hati dan memperlakukan orang lain dengan baik,tidak hanya personal branding Anda semakin bersinar,orang juga akan menganggap Anda sebagai pribadi yang menyenangkan.

7.    Menikmati Momen Menjadi Diri Sendiri

Personal branding tidak hanya sekadar pencitraan atau menjadi pribadi yang lain dari Anda yang sebenarnya. Sebaliknya,Anda justru dituntut menjadi diri sendiri dan apa adanya. Anda tahu apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda perjuangan. Anda menikmati momen dimana Anda bisa mengekspresikan diri sesuai dengan tujuan hidup dan rencana-rencana yang Anda telah susun.

8.    Memahami Apa yang Anda Butuhkan untuk Berkembang

Sementara brand Anda mulai terbentuk,pastinya Anda menemui beberapa hambatan yang menghadang. Hal ini juga menunda tujuan personal branding yang akan dicapai. Dengan menyadari kelebihan Anda, secara tidak langsung Anda juga akan menyadari kekurangan yang ada pada diri Anda.
Saat hal tersebut terjadi, dengan meminta tolong profesional lainnya dari jaringan Anda dan membentuk tim, Anda dapat memberikan semua yang terbaik kepada mereka yang membutuhkan Anda. Anda juga bisa membuat diri anda terkenal dengan membuat profil di MyB.co.id agar lebih banyak yang tahu tentang potensi yang anda miliki.

9.    Anda Lebih Mudah Menarik Target Audiens

Kenyataannya adalah Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Inilah sebenarnya tujuan personal branding. Dan itu adalah sesuatu yang wajar. Jumlah audiens yang mungkin tertarik dengan Anda sedikit,namun itu lebih baik karena mereka jelas-jelas merupakan target audiens yang benar-benar sesuai dengan brand Anda ini.
Anda tinggal terus menerus memberikan pesan-pesan berharga kepada mereka secara berkesinambungan sesuai brand yang sedang Anda bangun. Dan ketika mereka membutuhkan sesuatu, Anda bisa dengan mudah menebak siapa yang akan mereka hubungi. Untuk itu, buatlah profil di MyB.co.id agar anda lebih mudah dikenal audiens.

Kami akan mewujudkan tujuan personal branding yang ingin Anda capai.

Segera daftarkan Anda menjadi member lalu mulailah untuk membuat biodata online di MyB.co.id
Kami akan membuat anda lebih populer dan dikenal oleh pencari Kriteria anda. Selamat mencoba.