demo

Strategi Mencapai Kesuksesan di Era Digital dengan Personal Branding

Personal branding saat ini memang sangat penting dilakukan. Mungkin bagi sebagian masyarakat memang belum begitu memahami pentingnya personal branding. Walaupun saat ini mulai banyak strategi dengan personal branding ini, anda pun perlu tahu mendalam tentang apa itu personal branding.
Salah satu alasan utama kenapa strategi personal branding diterapkan adalah karena bisa meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda. Untuk tujuan tersebut, anda perlu mempelajari bagaimana cara membangun personal branding, pengertian personal branding serta hal lain tentang personal branding.

Pengertian Personal Branding

Pengertian personal branding ialah sebuah cara untuk mempromosikan serta membangun sesuatu yang sudah diperjuangkan. Brand yang sudah dikenal oleh masyarakat salah satunya adalah brand Apple. Sedangkan brand activation ataupun aktivasi brand juga dapat diterapkan dalam diri seseorang.
Personal branding disini bisa juga diartikan sebagai kombinasi unik antara keterampilan dengan pengalaman sehingga menghasilkan brand pada diri tersebut. Personal branding ini juga dapat dijadikan pembeda brand kita dengan brand atau keahlian orang lain. Hal ini bisa anda lakukan dengan membuat profile di MyB.co.id

Mengapa Harus Personal Branding?

Di era digital seperti saat ini, personal branding adalah hal yang sangat penting. Suatu bisnis membutuhkan website yang mampu meyakinkan audience agar percaya dengan anda sebagai pemilik personal brand yang mampu menyediakan produk maupun jasa paling bagus. Anda bisa membuktikannya dengan membuat profile MyB.co.id sebagai website yang akan mempromosikan diri anda.
Profil yang anda buat di MyB.co.id akan dinilai oleh pencari patner. Dengan melihat representasi online Anda dan akan dijadikan pertimbangan seleksi. Apakah anda layak dijadikan kandidat pekerja maupun tidak. Penyaringan tahap awal biasanya dilihat dari personal brand yang tersebar online salah satunya di MyB.co.id ini.

Hal ini diperkuat dengan pendapat dari badan konsultasi karir_CareerBuilder, “ada  setengah lebih pemilik bisnis tak akan memperkerjakan calon pelamar tanpa representasi online secara baik”. Kemudian, “Pelanggan sebanyak 50% lebih memilih pebisnis freelancer yang rutin online dan memiliki kepribadian positif”. Dengan membuat profile MyB.co.id, maka mitra kerja pun akan melihat hal positif dalam diri anda sehingga mempertimbangkan keahlian yang anda miliki.
Untuk itu, kelola reputasi online anda secara baik dengan membuat profile MyB.co.id untuk menunjang karir Anda. Hal ini karena tantangan karir saat ini tidak hanya ada pada penguasaan sebuah bidang saja, namun juga kekreatifan Anda dalam merepresentasikannya lewat dunia online. Inilah sebabnya sangat penting membuat profile di MyB.co.id.

Saat ini kebanyakan orang pindah kerja setelah 2-3 tahun. Sesuai pendapat pakar, kemungkinan 40% tenaga kerja bakal berubah haluan serta memilih menjadi freelance masif 2020 ini. Hal ini menunjukkan bila personal branding terbaik semakin krusial daripada tahun lalu. Ditambah lagi, bila anda sudah mengalami kesuksesan, personal branding justru semakin penting dikelola dengan membuat profile di MyB.co.id.

Poin Penting Tentang Personal Branding

Berdasarkan penelitian terbaru Weber Shandwick, poin penting dari personal branding adalah:

1.    Para eksekutif global menghubungkan antara reputasi perusahaan dengan CEO perusahaan tersebut sebesar 45%.
2.    Reputasi CEO sebesar 77%, memiliki peran penting untuk menarik karyawan baru agar bergabung dengan perusahaan mereka. Diyakini pula sebanyak 70% mampu memengaruhi motivasi dari karyawan agar bisa tetap loyal terhadap perusahaan mereka

Kesimpulannya, interaksi online CEO sangat berhubungan erat terhadap kesuksesan brand.
Untuk itu, bila anda bekerja dalam sebuah perusahaan, dukunglah atasan atau CEO Anda agar mau menerapkan personal brand avtivation secepatnya.

Cara Membangun Personal Branding

Terdapat tahapan tertentu yang perlu diambil dalam membangun personal branding. Beberapa tahapan itu diantaranya: 

1.    Audit hasil penelusuran online Anda. 

Cobalah ketik keyword nama Anda di mesin pencari google maupun lainnya. Apabila muncul hasil terlusuran tampil hal tidak baik misalnya beraitan dengan perilaku asusila, mabuk, menyinggung SARA publik, maka hapuslah. Lakukanlah berbagai hal lainnya supaya konten tersebut tidak tampil lagi dalam Search Engine Page Result atau (SERP).

2.    Bagikan Ulasan Tentang Diri Anda

Anda juga harus membagikan konten yang bergubungan dengan bidang supaya bisa menampilkan spesialisasi Anda. Selain itu, anda juga harus menunjukan visi serta misi yang positif.

Tambahlah interaksi sosial via online dengan berbagai audiens. Anda perlu memberikan apresiasi kepada mereka sebagai target anda. Hal ini bisa dilakukan dengan ikut aktif berkomentar dalam konten yang telah dibagikan oleh mereka yang menjadi bidang anda. 

Anda bisa membuat forum diskusi lebih lanjut dalam setiap postingan yang di bagikan. Kondisi ini menunjukkan interaksi anda dengan public bisa lebih baik.
Sementara untuk pemakaian akun media sosial, pakailah satu akun nama asli dengan konsisten. Pastinya hal ini tidak akan membingungkan orang lain yang mau menelusuri kehadiran online Anda.

Bila anda memiliki website, tulislah konten berkaitan dengan keahlian yang dimiliki. Misalnya saja pada website MyB.co.id yang menjelaskan berbagai penjelasan tentang personal branding yang bisa kita buat profilnya disini.
Jadi, semakin relevan topic yang dibahas, maka semakin baik pula kredibilitas anda di hadapan para audiens. Dengan begitu, mereka juga lebih percaya dengan kemampuan yang anda miliki. 

Anda juga perlu menyorot data ataupun fakta yang sudah ada. Apalagi, opini juga membutuhkan fakta dan data sebagai pendukungnya. 
Anda bisa memiliki banyak akun di media sosial namun harus rutin pengelolaanya. Khususnya bagi anda yang mencari pekerjaan. Perlu punya akun akun representasi karir profesional seperti LinkedIn. Pakailah keyword pendukung untuk memudahkan perekrutan kerja menemukan profil anda. Untuk masalah ini, anda bisa membuat profil di MyB.co.id. 

Namun, jika ingin memperdalam tentang personal branding, bisa juga membaca referensi yang sudah kami tuliskan di website resmi MyB.co.id. 
Selain itu, ada pula referensi panduan yang ditulis Neil Patel melalui website Quic Sprout. Tokoh Neil merupakan seorang online entrepreneur yang sudah sukses di negara Amerika. Dirinya fokus untuk pengembangan kesuksesan online, yang di tuangkan melalui buku serta tulisan dalam blognya.

Contoh Personal Branding

Inspirasi pebisnis muda sebagai penerap personal branding dengan maksimal salah satunya ialah Jourdan Kamal pemilik maubelajarapa.com. website tersebut termasuk directory web untuk para guru yang mau memberi pembelajaran online secara langsung.
Website ini juga bisa di gunakan para murid yang mau mempelajari keterampilan. Ide dari Ide Jourdan tersebut memang tidak sengaja ditemukan. Latar belakang ide tersebut ialah adiknya yang berprofesi menjadi guru tengah kesulitan menawarkan jasa mengajar yang dimilikinya.

Selain itu, contoh personal branding milik jourdan adalah akun Instagramnya bernama “jourdanz”. Akun ini juga aktif menuliskan kalimat membangun masalah pengembangan diri serta masalah pendidikan. Tak hanya itu saja, melalui fitur Insta-story, dirinya juga membagi konten yang sama. Dirinya juga mencari kandidat kerja untuk mengolah fiturnya tersebut.

Untuk membuat personal branding, anda bisa memanfaatkan jasa kami dengan membuat profil di MyB.co.id. Kami akan mempromosikan keahlian yang anda miliki yang sudah tertulis dalam profil di MyB.co.id secara online. 

Kami akan mengumumkan secara online jika anda adalah orang yang tepat yang memiliki kemampuan lebih dan pantas menjadi relasi mereka.

Kami akan mewujudkan impian Anda.    

Segera daftarkan diri Anda menjadi member, kemudian mulai membuat biodata online di MyB.co.id.