demo

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Personal Branding

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Personal Branding - Meningkatkan dan membagun personal branding merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Ini dilakukan demi untuk perkembangan karier di masa depan nantinya. Namun, terkadang terdapat beberapa masalah yang mungkin sering dilakukan oleh karyawan dalam membangun citra diri. Bahkan hal ini dapat menyebabkan citra negatif pada dirinya yang dapat mengakibatkan kerugian pada diri sendiri. Karena personal branding dapat dikatakan sebagai apa yang orang lihat dan bicarakan tentang anda, pada saat anda tidak ada di ruangan tersebut. 

Semua orang mempunyai personal branding, bahkan dapat dikembangkan dan bisa mengukuhkan posisi anda sebagai leader pada suatu bidang ataupu industry. Selain itu, seperti penjelasan di atas bahwa dengan membangun personal branding yang positif anda bisa meningkatkan kesuksesan karir serta dapat memberi kesempatan untuk meraih tujuan. 

Ini dapat menjadi patokan karena ketika orang-orang mengetahui bahwa anda mempunyai sebuah karakter serta keahlian yang kuat dalam suatu bidang, maka akan terbuka banyak kesempatan serta jalan dalam membangun karir anda. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan dicari oleh berbagai industry yang membutuhkan keahlian tersebut. Jika anda ingin dikenal oleh pemilik industry, anda bisa membuat profil di MyB.co.id maupun di Likedin.
Akan tetapi, apabila membangun personal branding terkadang banyak berbagai hal yang mungkin tidak anda sadari menjadi suatu kesalahan. Dimana suatu hal tersebut dapat memberikan kesan negative pada diri anda. Berikut Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Personal Branding

1.    Tidak Menjadi Diri Sendiri

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Personal Branding pertama yang sering dilakukan oleh seorang karyawan adalah kurangnya atau bahkan  tidak menjaga orisinalitas. Bisa saja, seorang karyawan bukan mencoba mengenal dirinya dan membangun citra diri, melainkan karyawan tersebut malah tergoda untuk menduplikasi startegi personal branding milik orang lain. Padahal jika dipertimbangkan personal branding yang baik merupakan personal branding yang memperlihatkan keaslian tentang diri sendiri. 

Karena banyak orang yang ingin mengenal anda berdasarkan orisinalitas karakter pripadi yang dimiliki.  
Maka dari itu, untuk mewujudkan personal randing yang baik, anda bisa mencoba dengan memberikan sedikit sentuhan tentang cerita dan kepribadianmu di semua konten personal branding yang anda buat. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat profil di MyB.co.id. Hal tersebut bisa menjadi suatu ide bagus untuk membuat orang tertarik kepadamu.  

2.    Tidak Mempunyai Situs Pribadi

Banyak orang beranggapan bahwa dalam membangun personal branding hanya dapat dilakukan melalui platform media social, seperti facebook, Instagram, atau Linkedln. Padahal sebenarnya personal branding juga efektif dilakukan melalui laman situs pribadi anda. Jadi, anda bisa membuat website personal di MyB.co.id. Bahkan dengan ini, profil anda akan di optimasi sehingga bisa ditemukan di halaman pertama search engine.

Namun, masalahnya tidak semua orang mempunyai situs pribadi dan ini menjadi salah satu Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Personal Branding. Melalui situs pribadi pendekatan yang anda lakukan akan lebih personal dengann informasi yang disampaikan dapat lebih luas. Untuk meningkatkan dan membangun personal branding melalui situs pribadi maka anda harus bisa memenuhi komponen didalamnya dengan berbagai hal sebagai berikut:
•    Gunakan URL situs dengan nama asli
•    Isi konten situs pribadi dengan foto-foto yang bagus
•    Lengkapi dengan biografi terkait pengalaman kerja yang dimiliki serta rencana karir yang ingin anda capai nantinya di masa depan.
•    Sertakan contoh-contoh proyek pekerjaan yang telah dilakukan
•    Lengkapi juga dengan testimony dari klien yang pernah bekerja sama dengann anda. 
•    Buatlah profil di MyB.co.id.

3.    Tidak Memiliki Tujuan Dalam Membangun Personal Branding

Dalam membentuk personal branding bukanlah suatu hal yang mudah. Tanpa adanya suatu tujuan dan konsistensi yang jelas, anda mungkin tidak dapat mencapai tujuanmu untuk mengembangkan karier dan untuk memperoleh jejaring yang luas. 
Oleh karena itu, sebelum anda memilih untuk membentuk personal branding diberbagai platform sebaiknya anda menentukan target pengikut yang ingin dicapai dan memikirkan siapa audiens kamu secara spesifik hingga konsistensi yang seharusnya anda lakukan.
Umumnya banyak kasus yang terjadi, apabila tidak membuat personal branding terlebih dahulu kemungkinan anda tidak akan konsisten dalam menerapkan strategi personal branding diberbagai platform yang anda inginkan. 

4.    Sering Mengabaikan Saran Dari Orang Lain

Kesalahan lainnya yang mungkin pernah anda lakukan dan kurang disadari oleh semua orang adalah tidak mendengarkan saran dan masukan dari oerang lain yang berkaitand engan citra diri yang ingin anda bangun. Perlu diingat bahwa personal branding yang akan dibangun bukan untuk mengesankan diri sendiri, melainkan membangun kesan tentang diri anda dimata orang lain. 

Karena pada dasarnya yang dapat menilai diri sendiri adalah orang lain. Maka dari itu, tentu ssaja sudut pandang orang lain yang menilai dapat digunakann sebagai masukan yang penting untuk memperbaiki personal branding. 
Namun, saran yang bisa anda terima adalah saran yang bersifat positif untuk diri anda, bukan malah sebaliknya. Anda bisa mempertimbangkan beberapa saran yang bersifat membangun. 

5.    Tidak Mau Berkolaborasi Dengan Orang Lain

Hindari juga salaah satu masalah yang satu ini, yaitu tidak mau berkolaborasi dengan orang lain. Karena yang perlu anda tahu bahwa dalam membangun personal branding selain membutuhkan waktu, pikiran dan tenaga, hal lainnya yang bisa anda lakukan yakni memperluas jangkauan untuk berkolaborasi. Jangkauan dalam berkolaborasi dapat anda fokuskan utamanya dengan pihak-pihak yang berada di minat atau karir yang sama. 
Meskipun anda sempat berpikir bahwa mereka mrupakan competitor kariermu, namun anda juga harus ingat bahwa langkah untuk melakukan kolaborasi tersebut dapat mendatangkan banyak traffic keterlibatan pengikut di akun anda. Jadi, hal tersebut bisa menjadi salah satu ide yang tidak selamanya buruk. 

6.    Memanipulasi Jumlah Pengikut Di Media Social

Follower bukanlah hal segalanya, apabila anda berpikiran demikian maka hal tersebut salah. Karena jika telah beranggapan demikian, maka tidak dapat dipungkiri bahwa anda kemungkinan akan tergoda untuk menghalalkan segala cara demi untk mencapai follower yang banyak. 
Anda perlu menghindari hal tersebut, karena kesalahan umum lainnya yang sering terjadi dalam meningkatkan personal branding adalah memanipulasi jumlah follower demi mendapatkan popularitas. Apabila anda telah bertindak demikian, maka justru akan menajdi bomerang yang buruk pada strategi personal branding yang telah anda persiapkan. 

Pada dasarnya memang berbagai kasus manipulasi follower, umumnya tidak banyak pengikut yang benar-benar terlibat dalam konten, seperti memberikan komentar, like atau bahkan membagikan postingan. Hal ini dikarenakan pengikut yang anda miliki bukanlah follower organic atau robot yang fungsinya hanya menggelembungkan jumlah pengikut saja. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari hal tersebut dan membiarkan pengikut anda bertambah dengaan sendirinya secara alami. 

Dari berbagai macam Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Personal Branding di atas. Anda dapat mengetahui bahwa sangat penting dalam melakukan personal branding secara sehat dan benar untuk meningkatkan kesan positif pada diri anda sendiri. 
Mengingat dalam membangun personal branding membutuhkan proses, namun jangan sampai personal branding yang telah anda siapkan malah tidak menghasilkan citra positif. Jadi, pastikan untuk menyiapkan strategi personal branding dengan menghindari beberapa kesalahan di atas. 

Kami akan membantu anda mewujudkan personal branding yang baik.

Secepatnya daftarkan diri Anda menjadi member serta mulai buat biodata online Anda.

Kami pun akan membuat anda lebih populer hingga dikenal oleh pencari pekerja. Terima kasih.