demo

Cara Mempromosikan Diri Sendiri tanpa Promosi

Cara Mempromosikan Diri tanpa Promosi

Lohh...gimana sih maksud judul ini. Cara mempromosikan diri tapi tanpa promosi. Mana mungkin - jelas gak bisa dong. yang namanya promosi ya tetep promosi. Tidak ada yang namanya promosi tanpa promosi.

Heheh...memang begitulah pada kenyataannya. Kita memahami promosi adalah promosi. Sehingga, apapun produk atau jas ayang mau kita promosikan - termasuk diri kita sendiri - ya tetep dipromosikan. Di umumkan kemana-mana - dikatakan sebagai yang terbaik dan seterusnya dan seterusnya sebagaimana layaknya sebuah promosi. TAPI, hal ini jadi berbeda ketika kita menyebutkan promosi tersebut adalah untuk diri kita sendiri. Yup, pada dasarnya ketika kita sedang menulis profile atau biodata dengan semua portofilio kita - sebenarnyalah kita sedang mempromosikan diri kita sendiri. Kita berharap agar diri kita dan kualifikasi kita semakin di kenal - dan menarik para "pembeli" kita - yaitu para calon pemberi kerja dan relasi bisnis yang ingin mempercayakan projectnya kepada kita.

Mengapa promosi diri sendiri jadi berbeda dengan semua produk lainnya?
Yup, jelas berbeda. Karena ketika kita - diri kita sendiri menyatakan sebagai yang terbaik - dan kita berharap orang terkesan dengan diri kita - seringnya yang terjadi adalah kebalikannya. Orang yang membaca akan merasa kita seorang yang takabur dan tidak rendah hati. Demikian juga, orang justru semakin sebal ketika kita terus membicarakan diri sendiri. Kepentingan untuk melakukan promosi bagi diri kita sendiri harus dilakukan dengan cara tidak langsung - agar promosi kita benar-benar membuahkan hasil sesuai keinginan kita.

Jadi, bagaimana cara untuk melakukan promosi bagi diri kita?

  • Menggunakan Cerita.

Ouww..bagaimana caranya menggunakan cerita? Yup, misalkan Anda sudah membuat profile MyB.co.id Anda. Sudah menulis dengan lengkap biodata dan portofilio Anda, lengkap dengan banyak testimony dan pengalaman kerja. Lebih jauh lagi - Anda bahkan juga sudah menuliskan resume pendidikan dan riwayat pekerjaan dengan sempurna - sehingga Anda sangat yakin orang akan terkesan.

Sekarang tinggal masalah - bagaimana agar orang banyak bisa melihat dan membaca profile Anda? Secara natural - Anda akan melakukan hal ini - menulis di sosial media dan berkata "Halo..saya udah bikin profile biodata saya. Kunjungi ya, www.MyB.co.id/nama" Setelah itu, selesai - anda berharap orang akan datang dan membaca dan terkesan dan menghubungi Anda dan Anda mendapat kerja yang baru.

Hehehe...benar sekali. Tetapi apakah ada orang yang mau datang melihat? Adakah mereka yang mau memperhatikan? Mungkin ada jika keluarga atau teman dekat - tetapi tidak banyak - dan mereka belumm tentu menjadi orang potensial untuk memberi Anda pekerjaan baru atau bisnis baru.

Jadi, bagaimana dong?
Yup, gunakan cerita. Daripada sekedar mengajak mereka untuk mengunjungi profile Anda - yang lebih baik - anda menjalinnya dengan cerita. Misalnya, "Akhirnya, saya selesai juga bikin profile saya. Rada sulit sebenernya buat orang awam seperti saya - tapi daripad abayar ratusan ribu - mending saya bikin sendiri - dan ternyata tidak terlalu sulit."

Wooww...orang akan lebih banyak tertarik dan membaca. Ada banyak pertanyaan di benak mereka, "Bikin apa sih dia? Kok bisa dia jadi menghemat banyak biaya? Emangnya dia bikin bagus apa? Kayak gimana sih hasil akhirnya?" dan banyak pertanyaan lagi - akhirnya; mereka mengunjungi profile Anda, membacanya, memperhatikannya - dan lebih mengingat tentang Anda di banding semua informasi profile lainnya.

  • Memberikan Pelayanan Terlebih Dahulu

Memberikan service terlebih dahulu - kepada calon pelanggan - adalah strategi yang tepat untuk memperluas jaringan. Ada banyak yang mengira - ketika kita memberikan jasa gratis - maka kita akan terkesan murahan. Bukan, maksud saya bukan kita memberikan jas akita dengan gratis karena bagaimanapun jasa itu memiliki nilai yang membuatnya jadi memiliki harga. Yang di maksud adalah - jadilah kita seorang penolong yang baik. Seorang yang suka memberikan pelayanan. Sehingga - ketika kita di kenal sebagai orang yang demikian - maka orang juga akan terbuka kepada kita. Karena pada dasarnya, kita akan menyukai orang yang baik kepada kita ketimbangs eorang yang jahat.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa di kenal sebagai seorang yang suka melayani?
Yup, simple aja. Misalnya - menjawab pertanyaan mereka di sosial media. Yup, pertanyaan simple yang tidak memerlukan pengetahuan khusus tetapi menunjukkan kemurahan hati. Daripada memenuhi wall orang dengan beragam promosi - lebih baik menyeimbangkannya dengan banyak perbuatan baik dan reply. Sehingga orang tertarik dan tidak melihat kita melulu sebagai penjual - tetapi sebagai seorang yang berempati dan suka melayani.

  • Meminta Saran dan Masukan

Yup, meminta masukan - sebagai pribadi - bahkan tanpa perlu menaruh link profile dan biodata kita. Dan dari masukan tersebut - jangan ragu melakukan saran baik yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan diri dan usaha kita. Bukan terlihat bodoh karena kita meminta masukan dan saran - sebaliknya tindakan ini membuka wawasan orang bahwa kita adalah orang yang terbuka dan bisa di ajak bekerja sama.

Mengapa cara ini efektif?
Sederhana - sebenarnya; sifat dasar kita sebagai manusia adalah seorang yang egois. Kita ingin merasa diri penting, hebat dan serba bisa. Ketika kita meminta saran dan masukan - dan menerima saran-saran tersebut dengan benar-benar terbuka bukan untukmembuktikan diri kita benar atau saran mereka salah - maka kita memberikan rasa penting dan berpengetahuan dalam hati para pemberi masukan. Sehingga, kita akan lebih diingat oleh mereka - sehingga - ketika kita menuliskan materi lain mengenai profile kita - mereka akan lebih terbuka dan simpati bahwa kita adalah seorang yang menerima mereka.

  • Biarkan Orang Lain Mempromosikan Diri Anda - Jangan Diri Anda Sendiri

Ketika seorang lain yang mempromosikan tentang diri Anda, orang lain tersebut bisa bebas berkata-kata karena terlepas dari konflik kepentingan ingin terlihat hebat. Sebaliknya, Anda juga bisa dengan lega di terima oleh masyarakat karena Anda bersifat pasif yaitu di promosikan - dan bukan menyebut-nyebut diri baik mempromosikan diri sendiri.

Inilah yang sebenarnya kami lakukan - memberikan tempat untuk Anda bisa di promosikan secara online - dan mengumumkannya kepada dunia bahwa anda adalah pribadi yang paling tepat dengan kemampuan yang paling mumpuni untuk apapun jabatan dan relasi yang dibutuhkan oleh mereka. Ketika biodata Anda di presentasikan dengan profesional - dan di promosikan secara masif dan agresif - dilihat oleh orang banyak dengan cara yang membuat mereka terkesan - adalah tinggal menunggu waktu untuk Anda mendapat pekerjaan baru - relasi dan jaringan bisnis baru serta potensi-potensi baru yang tak terbayangkan.

Kami, ingin mewujudkannya bagi Anda.
Segera daftarkan diri Anda sebagai member dan mulailah membuat biodata online Anda.
Kami akan menolong Anda menjadi lebih populer dan terkenal